MAKALAH
KALIMAT EFEKTIF
(Diajukan
untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia)
Dosen: Hera Wardah Humaera, M.Pd
Disusun
Oleh :
Eneng
Desri Handayani
Herlina
Hidayati
Ulfa
Nurajizah
PENDIDIKAN
BIOLOGI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI
2014/2015
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Warahmatullahi Wabarokatuh
Alhamdulilahirrabbil’aalamiin, puji
syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat, nikmat dan
karunianya. Solawat beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW kepada para umatnya dan para sahabatnya,
sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah tentang “Kalimat Efektif”, mata
kuliah Bahasa Indonesia.
Kami menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak
yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua
pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai
akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Wassalamu’alaikum
Warohmatullah Wabarakatuh
Sukabumi, 28 Maret 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar……………………………………………………………………i
Daftar Isi………………………………………………………………………….ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang……………………………………………………………1
B. Rumusan
Masalah………………………………………………………...1
C. Tujuan…………………………………………………………………….2
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian
Kalimat Efektif……………………………………………….3
B. Syarat-Syarat
Kalimat Efektif……………………………………………4
C. Ciri-Ciri
kalimat Efektif………………………………………………….4
D. Contoh
Kalimat Efektif…………………………………………………..5
BAB III
PEMBAHASAN…………………………………………………………………6
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan……………………………………………………………….8
Daftar Pustaka……………………………………………………………………9
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Bahasa
adalah alat untuk berkomunikasi yang digunakan manusia dengan sesama anggota
masyarakat lain pemakai bahasa itu. Bahasa itu berisi pikiran, keinginan, atau
perasaan yang ada pada diri si pembicara atau penulis. Bahasa yang digunakan
itu hendaklah dapat mendukung maksud secara jelas agar apa yang dipikirkan,
diinginkan, atau dirasakan itu dapat diterima oleh pendengar atau pembaca.
Kalimat yang dapat mencapai sasarannya secara baik disebut dengan kalimat
efektif.
Kalimat
efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat
dan dapat dipahami oleh pendengar/pembaca secara tepat pula. Kalau gagasan yang
disampaikan sudah tepat, pendengar/pembaca dapat memahami pikiran tersebut
dengan mudah, jelas, dan lengkap seperti apa yang dimaksud oleh penulis atau
pembicaranya. Akan tetapi, kadang-kadang harapan itu tidak tercapai. Misalnya,
ada sebagian lawan bicara atau pembaca tidak memahami apa maksud yang diucapkan
atau yang dituliskan. Supaya kalimat yang dibuat dapat mengungkapkan gagasan
pemakainya secara tepat, unsur kalimat yang digunakan harus lengkap dan
eksplisit. Artinya, unsur-unsur kalimat seharusnya ada yang tidak boleh
dihilangkan. Sebaliknya, unsur-unsur yang seharusnya tidak ada tidak perlu
dimunculkan. Kelengkapan dan keeksplisitan semacam itu dapat diukur berdasarkan
keperluan komunikasi dan kesesuaiannya dengan kaidah (Mustakim, 1994:86).
Dalam
karangan ilmiah sering kita jumpai kalimat-kalimat yang tidak memenuhi syarat
sebagai bahasa ilmiah. Hal ini disebabkan oleh, antara lain, mungkin
kalimat-kalimat yang dituliskan kabur, kacau, tidak logis, atau bertele-tele.
Dengan adanya kenyataan itu, pembaca sukar mengerti maksud kalimat yang kita
sampaikan karena kalimat tersebut tidak efektif. Berdasarkan kenyataan inilah
penulis tertarik untuk membahas kalimat efektif dengan segala permasalahannya.
B. Rumusan
Masalah
1. Permasalahan penulisan kalimat efektif
pada pembuatan makalah
2.
Bagaimana
cotoh penulisan kalimat efektif yang baik ?
C. Tujuan
1. Agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunakan
bahasa Indonesia sehingga menjadi baik
dan benar
2. Agar tidak ada kesalahan kalimat efektif
dalam pembuatan makalah
3. Mengetahui apa dan bagaimana penggunaan kalimat
efektif dalam berbahasa
4.
Menjaga
kemurnian bahasa Indonesia
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian
Kalimat Efektif
Bahasa
adalah alat untuk berkomunikasi yang digunakan manusia dengan sesama anggota
masyarakat lain pemakai bahasa itu. Bahasa itu berisi pikiran, keinginan, atau
perasaan yang ada pada diri si pembicara atau penulis. Bahasa yang digunakan
itu hendaklah dapat mendukung maksud secara jelas agar apa yang dipikirkan,
diinginkan, atau dirasakan itu dapat diterima oleh pendengar atau pembaca.
Kalimat yang dapat mencapai sasarannya secara baik disebut dengan kalimat
efektif (Mustakim, 1994).
Kalimat efektif adalah kalimat yang
memperlihatkan bahwa proses peyampaian oleh pembicara atau penulis dan proses
penerimaan oleh pendengar atau pembaca berlangsung dengan sempurna sehingga isi
atau maksud yang disampaikan oleh pembicara atau penulis tergambar lengkap
dalam fikiran pendengar atau pembaca. Pesan yang diterima oleh pendengar atau
pembaca atau penulis (Alwi, 2001: 39).
Beberapa definisi kalimat efektif menurut beberapa ahli bahasa :
1. Kalimat
efektif adalah kalimat yang bukan hanya memenuhi syarat-syarat komunikatif, gramatikal,
dan sintaksis saja, tetapi juga harus hidup, segar, mudah dipahami, serta
sanggup menimbulkan daya khayal pada diri pembaca (Rahayu: 2007).
2. Kalimat
efektif adalah kalimat yang benar dan jelas sehingga dengan mudah dipahami
orang lain secara tepat (Akhadiah, Arsjad, danRidwan : 2001).
3. Kalimat
efektif adalah kalimat yang memenuhi kriteria jelas, sesuai dengan kaidah,
ringkas, dan enak dibaca. (Arifin: 1989).
4. Kalimat efektif
dipahami sebagai kalimat yang dapat menyampaikan informasi dan informasi tersebut
mudah dipahami oleh pembaca (Nasucha, Rohmadi, dan Wahyudi: 2009).
5. Kalimat
efektif di pahami sebagai sebuah kalimat yang dapat membantu menjelaskan sesuatu
persoalan secara lebih singkat jelas padat dan mudah di mengerti serta di
artikan (ARIF HP: 2013).
Dari
beberapa uraian di atas dapat diambil kata kunci dari definisi kalimat efektif
yaitu sesuai kaidah bahasa, jelas, dan mudah dipahami. Jadi, kalimat efektif
adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa, jelas, dan mudah dipahami oleh
pendengar atau pembaca.
Kalimat
efektif merupakan kunci penentu yang menjembatani efektifitas bahasa. Secara
umum kalimat efektif adalah struktur hasil gabungan kata-kata yang secara sadar
direncanakan mencapai tujuan komunikasi seprima mungin (Syamsudin, 1994: 99).
Pada
intinya, kalimat efektif tidak akan menimbulkan salah faham atau perbedaan
pengertian antara pembicara atau penuis atau pendengar atau pembaca. Oleh
karena itu kalimat efektif harus dapat mengungkapkan gagasan pembicara atau
penulis secara tepat.
B.
Syarat - syarat Kalimat Efektif
Syarat-syarat
kalimat efektif adalah sebagai berikut:
1. Secara
tepat mewakili pikiran pembicara atau penulisnya.
2. Mengemukakan
pemahaman yang sama tepatnya antara pikiran pendengar atau pembaca dengan yang
dipikirkan pembaca atau penulisnya.
C.
Ciri –
ciri Kalimat Efektif
Kalimat efektif mempunyai ciri – ciri yaitu :
1). Keutuhan; 2). Kesejajaran; 3). Pemfokusan;
4). Penghematan; berikut ini akan dijelaskan masing-masing ciri kalimat efektif
di atas dengan merujuk pendapat finoca (2002)
1. Kesatuan
Kesatuan adalah terdapatnya satu ide pokok
dalam sebuah kalimat, dengan satu ide
pokok pokok boleh panjang atau pendek, menggabungkan lebih dari satu
kesatuan,bahkan dapat mempertentangkan satu dengan yang lainya,asalkan ide atau
gagasan kalimatnya tunggal. Penutur tidak boleh menggabungkan dua kesatuan yang
tidak mempunyai hubungan sama sekali kedalam sebuah kalimat
2. Kepaduan
Kepaduan adalah hubungan yang padu antara usur-
unsur pembentuk kalimat yang termasuk pembentuk kalimat yang termasuk adalah
frasa, klausa, sert tanda basa yang membentuk S- P - O –pel.ket. dalam kalimat
3. Kesejajaran
Kesejajaran adalah terdapatnya unsur- unsur
yang sama derajatnya, sama pola atau susunan kata dan frasa yang dipakai
didalam kalimat
4. Pemfokusan
Pemfokusan ialah suatu perlakuan khusus menonjolkan bagian
kalimat sehingga berpengaruh terhadap makna kalimat secara keseluruhan, cara
yang dipakai untuk memberi perlakuan khusus pada kata-kata tertentu ada
beberapa yaitu : 1) dengan meletakan kata yang ditonjolka itu di awal kalimat
2) dengan melakukan pengulangan kata ( repetisi ) 3) dengan melakukan
pengontrasan kata kunci dan 4) dengan menggunakan partikel / penegas
5. Penghematan
Penghematan adalah menghindari penukaran kata
yang tidak perlu.
D.
Contoh Kalimat Efektif
a. Saran
yang dikemukakannya kami akan pertimbangkan. (tidak efektif)
Seharusnya: saran yang di kemukakannya akan
kami pertimbangkan
b. Sejak dari
pagi dia termenung. (tidak efektif)
Seharusnya: sejak pagi dia termenung
c. Saya
akan bikin kue. (tidak efektif)
Seharusnya: saya akan membuat kue
d. Banyak
pahlawan kita yang mati di medan perang (tidak efektif).
Seharusnya : banyak pahlawan kita yang gugur di
medan perang.
e. Amara
pergi ke sekolah, kemudian Amara pergi kerumah temanny untuk belajar (tidak
efektif).
Seharusnya : Amara pergi kesekolah, kemudian
kerumah temannya untuk belajar.
f.
Karena ia tidak diajak, dia tidak ikut belajar
bersama belajar di rumahku (tidak efektif).
Seharusnya : karena tidak diajak, dia tidak
ikut belajar bersama di rumahku.
BAB III
PEMBAHASAN
Pada beberapa makalah mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Sukabumi yang sudah kami baca, ternyata masih banyak yang cara
penulisan kalimatnya tidak efektif. Diantaranya yaitu mahasiswa dari prodi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, prodi DIII Perpajakan, dan prodi
Pendidikan Biologi.
Dari
hasil analisis kami, dari makalah mahasiswa :
1. DIII Perpajakan dengan judul makalah “PRODUKSI
DAN HARGA PASAR PERSAINGAN”
Kesalahannya
yaitu :
·
Usaha seseorang untuk selalu memenuhi kebutuhan hidupnya selalu
dilakukan sejak zaman dahulu kala (tidak efektif)
Seharusnya : usaha seseorang untuk mmenuhi
kebuuhan hidupnya selalu dilakukan sejak zaman dahulu kala.
·
Pada pasar persaingan sempurna tidak tampak
kegiatan saling menyaingi
antar penjual (tidak efektif)
Seharusnya : pada pasar persaingan sempurna
tidak tampak kegiatan saling bersaing antar penjual
2.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan
judul makalah “MENULIS”
Kesalahannya
yaitu :
·
Dimakalah ini saya akan membahas salah satu keterampilan bahasa
pada manusia yaitu menulis (tidak efektif)
Seharusnya : pada makalah ini penulis akan
membahas salah satu keterampilan bahasa pada manusia yaitu menulis
·
Menulis merupakan suatu
keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak
langsung, tidak secara tatap
muka dengan orang lain (tidak efektif)
Seharusnya : Menulis merupakan suatu
keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak
langsung
3.
Pendidikan Biologi dengan judul “KEANEKARAGAMAN
HEWAN DAN TUMBUHAN DENGAN PENGKLASIFIKASIAN BINOMINAL NOMENKLATUR”
Kesalahannya
yaitu :
·
Banyak diantaranya
menghasilkan berbagai jenis yang menyimpang dalam pertumbuhannya. (tidak
efektif)
Seharusnya
: Banyak diantaranya yang menghasilkan berbagai jenis yang menyimpang dalam
pertumbuhannya.
·
Saran dari kami yaitu perlunya meningkatkan kepedulian akan lingkungan hidup (tidak
efektif)
Seharusnya
: Saran dari kami yaitu perlunya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan
hidup.
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
Kalimat
efektif adalah kalimat yang dapat mewakili pikiran penulis atau pembicara
secara tepat sehingga pndengar/pembaca dapat memahami pikiran tersebut dengan
mudah, jelas dan lengkap seperti apa yang dimasud oleh penulis atau
pembicaranya.
Unsur-unsur
dalam kalimat meliputi : subjek (S), prediket (P), objek (O), pelengkap (Pel),
dan keterangan (Ket).
Ciri-ciri
kalimat efektif yaitu : Kesepadanan, keparalelan, ketegasan, kehematan,
kecermatan, kepaduan, kelogisan.
Dari
analisa yang kami lakukan, ternyata masih banyak mahasiswa yang penulisan
makalahnya tidak efektif sehingga tidak enak untuk dibaca. Sehingga perlu
evaluasi agar tidak terjadi kesalahan yang sama pada penulisan makalah selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Ali.
Lukman dkk. 1991. Petunjuk Praktis Berbahassa Indonesia. Jakarta : Pusat
pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Badudu,
J.S. 1983. Membina Bahasa Indonesia Baku. Bandung : Pustaka Prima.
Finoza,
Lamuddin. 2002. Komposii Bahasa Indonesia. Jakarta : Insan Muia.
Rohmadi,
Muhamad dkk, 2008. Teori dan Aplikasi:
Bahasa Indonesia di pergururan Tinggi.
Cetakan I. Surakara : UNS Press.
Wede56.blogspot.com/2014/03/contoh-makalah-bahasa-indonesia-kalimat_25html
LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment