RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN X Kota Sukabumi
Kelas/ semester : X/1
Mata Pelajaran : Biologi
Pertemuan ke : 2
Materi Pokok : Virus
Alokasi Waktu : 1x30 menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI
1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural
pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk
memecahkan
masalah.
KI
4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
1.1
Mengagumi,
menjaga, melestarikan
keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang
lingkup,
objek dan permasalahan Biologi
menurut agama yang dianutnya.
2.1
Berperilaku ilmiah
(jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan
percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.3
Mendeskripsikan
ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi kehidupan.
4.4 Membuat
usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus (HIV, SARS,
Herpes , dll.) pada manusia dan menjelaskan peran virus dalam rekayasa genetika.
4.5 Merancang
model dan menyajikan replikasi virus.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
KI/
KD
|
Indikator
|
1/ 1.1
|
·
Menunjukan rasa syukur
dengan mengucapkan hamdalah terhadap adanya ayat Alquran dan nikmat yang
telah diberikan Allah SWT
|
2/ 2.1
|
·
Menunjukan sikap
menghargai pendapat teman antar kelompok dalam melaksanakan diskusi di kelas.
|
3/ 3.3
|
·
Menjelaskan ciri, struktur
dan reproduksi virus
·
Mengidentifikasi
kasus-kasus penyakit yang disebabkan oleh virus
·
Menjelaskan peran virus
dalam kehidupan
|
4/ 4.4
4.5
|
·
Menyebutkan dampak virus
(HIV, SARS, Herpes , dll.)
|
D.
Tujuan
Pembelajaran sesuaikan dg Indiktor
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran
kelompok dalam materi virus ini, siswa diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta:
1.
Siswa dapat menjelaskan ciri, struktur dan reproduksi virus
melalui model sederhana dan gambar virus .
2.
Siswa dapat mengidentifikasi kasus-kasus penyakit yang
disebabkan oleh virus melalui LKS
3. Siswa
dapat menjelaskan peranan virus dalam kehidupan melalui.....
E.
Materi
Pembelajaran
1. Materi
Fakta
Gambar/foto berbagai contoh penyakit yang disebabkan oleh virus,
struktur virus, dan lain-lain.
2. Materi
Konsep
Virus adalah parasit berukuran
mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya dapat
bereproduksi di dalam material hidup dengan menginjeksi dan memanfaatkan sel
makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi
sendiri.
3. Materi
Prinsip
Cara reproduksi virus dikenal sebagai
proliferasi yang terdiri dari: Daur litik terdapat beberapa fase diantaranya
Fase adsorbsi (fase penempelan), fase injeksi (memasukkan asam inti), fase
sintesis (pembentukan), fase perakitan, fase litik. Dan daur lisogenik, yaitu:
fase penggabungan, fase pembelahan, fase sintesis, fase perakitan, fase litik.
F.
Metode,
Pendekatan dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Model : Inkuiri terbimbing dan PBL
(problem based learning)
3. Metode :
Eksplorasi, pemecahan masalah, diskusi, tanya jawab
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Pendekatan Saintifik
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
Apersepsi:
·
Guru mengucapkan salam
dan mengintruksikan salah satu siswa untuk berdoa terlebih dahulu kemudian
memeriksa kehadiran siswa
·
manarik perhatian siswa
dengan memperlihatkan model virus sederhana
·
Guru mengulas materi
pertemuan sebelumnya yang sudah dipelajarinya
·
menyampaikan acuan
pembelajaran
Motivasi:
·
Guru meminta siswa untuk
membacakan ayat Al-Qur’an surat Yunus (10): ayat 61 yang Artinya:
“Kamu
tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al-Quran
dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan kami menjadi saksi
atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu
biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih
kecil dan tidak (pula) yang lebih besar itu, melainkan (semua tercatat) dalam
kitab yang nyata (Luh mahfudz.
(QS.
Yunus (10):61)
·
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa, sbb: “........................”
Penyampaian
Tujuan dan Materi:
·
Guru menjelaskan
indikator atau tujuan pembelajaran
·
Membagi siswa dalam
beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 orang (heterogen)
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
|
·
Guru menanyakan
masalah berupa:
Seorang anak yang
terserang penyakit cacar air
1. Apa yang menjadi
penyebabnya?
2. Apakah penyakit ini
dapat menular?
3. Adakah obat untuk
menyembuhkannya?
4. Upaya apa yang dapat
kita lakukan agar terhindar dari penyakit ini?
·
Guru memberikan
berbagai kasus penyakit yang merebak saat ini yang disebabkan oleh virus
seperti infuenza, aids, dan flu burung.
·
Siswa mengamati
karakteristik virus dari charta
·
Siswa mengamati
proses reproduksi virus
·
Siswa mendiskusikan
dampak positif dan negatif dari virus
·
Siswa menjelaskan
secara lisan ciri dan karakteristik virus serta perkembangbiakkannya.
·
Siswa mendiskusikan
apa maksud Tuhan menciptakan makhluk yang menyebabkan penyakit dikaitkan
dengan perilaku yang tidak terpuji pada seseorang.
|
|
Menanya
|
·
Siswa mendiskusikan
hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar yang
berkaitan dengan struktur dan karakteristik virus
·
Guru meminta siswa
mendiskusikan permasalahan tersebut.
|
|
|
Mencoba
|
·
Guru memberikan
beberapa permasalahan tentang virus
·
Siswa melakukan
pengamatan terhadap virus dari berbagai sumber dan membuat laporannya
·
Siswa mendiskusikan
manfaat mempelajari virus
|
|
|
|
Menalar
|
·
Siswa secara
berkelompok melakukan diskusi
·
Guru memantau dan
memberikan penjelasan kepada siswa yang mengalami kesulitan
·
Guru membimbing siswa
dalam mengamati virus dari berbagai sumber
|
|
|
Mengkomunikasikan
|
·
Guru meminta siswa
untuk melakukan presentasi hasil pengamatan.
·
Guru memberikan
penghargaan kepada siswa.
·
Guru membantu siswa
melakukan refleksi terhadap investigasinya.
|
|
Penutup
|
|
·
Guru bersama siswa
menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
·
Guru menilai penguasaan
konsep siswa dengan memberikan kuis tentang virus
·
Guru menyampaikan hasil
penilaian sikap dan keterampilan siswa
·
Guru memberikan tugas
(PR) mengenai penyakit yang disebabkan oleh virus
·
Guru menginformasikan
materi pada pertemuan selanjutnya yaitu mengenai zat aditif dan zat adiktif
sekaligus menginformasikan siswa untuk membaca terlebih dahulu materi
tersebut.
·
Guru mengakhiri
kegiatan belajar, dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan
hamdalah dan salam penutup.
|
|
H.
Alat,
Media, dan Sumber Belajar
1. Alat:
o White
Board
o Spidol
2. Media
o Infokus
3. Sumber
Belajar
o Budiati,
H.(2009).BIOLOGI: Untuk SMA dan MA kelas
X. CV.Gema Ilmu. Jakarta.
o Yani,
R. (2009). BIOLOGI 1: Kelas X SMA dan MA. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Jenis
Penilaian
a. Penilaian
sikap (terlampir)
b. Penilaian
pengetahuan (terlampir)
c. Penilaian
keterampilan (terlampir)
2. Metode
dan Bentuk Instrumen
No
|
Aspek
Kompetensi
|
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
1.
|
Sikap:
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Lembar
pengamatan sikap
|
2.
|
Pengetahuan:
a.
Menjelaskan ciri-ciri
virus: struktur dan reproduksi.
b.
Mengidentifikasi
kasus-kasus penyakit yang disebabkan oleh virus.
c.
Menjelaskan peran
virus dalam kehidupan.
d.
Menjelaskan
jenis-jenis partisipasi remaja dalam menanggulangi persebaran virus HIV dan
lainnya.
|
Tes
tertulis
|
Soal
pilihan ganda
|
3.
|
Keterampilan:
a.
Terampil menerapkan
konsep/ prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan virus.
|
Pengamatan
|
Lembar
pengamatan keterampilan
|
Lampiran 1. Instrumen
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
||||||||
Disiplin
|
Kerjasama
|
Menghargai pendapat
teman
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Disiplin
|
3:
Menunjukan sikap disiplin dengan: datang tepat waktu, dan mengumpulkan tugas
sesuai dengan waktu yang ditentukan
2:
Belum menunjukan sikap disiplin dalam pengumpulan tugas
1:
Belum menunjukan sikap disiplin secara keseluruhan
|
2
|
Kerjasama
|
3:
Menunjukan adanya kerjasama dan rasa tanggung jawab dalam melakukan kegiatan
diskusi
2:
Menunjukan sikap kerjasama namun tidak ada rasa tanggung jawab atau
sebaliknya dalam kegiatan diskusi
1:
Belum menunjukan kerjasama dan rasa tanggung jawab kegiatan diskusi
|
3
|
Menghargai
Pendapat Teman
|
3:
Menunjukan sikap menghargai pendapat teman selama kegiatan diskusi
2:
Sedikit menunjukan sikap menghargai pendapat teman selama kegiatan diskusi
1:
Belum menunjukan sikap menghargai
pendapat teman selama kegiatan diskusi
|
Lampiran 2. Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Soal
Pilihan Ganda
Pilihlah
salah satu jawaban yang benar!
|
1.
Virus tidak dapat
masuk dalam kelompok makhluk hidup karena....
a.
virus dapat
dikristalkan
b.
virus dapat melakukan
pembuahan
c.
virus dapat
menularkan penyakit
d.
virus dapat bergerak
e.
virus dapat
berkembang biak
2.
Bagian yang tidak
dimiliki oleh virus adalah....
a. selubung
protein
b. membran
sel
c. sitoplasma
d. organel
sel
e. inti
sel
3.
Virus hanya dapat
hidup secara parasit sehingga untuk memelihara virus harus digunakan
medium....
a. air
kelapa
b. agar
c. agar
campur kentang
d. daging
dan kaldu
e. embrio
ayam
4.
Ekor virus menempel
pada dinding bakteri terjadi pada tahap....
a.
sintesis
b.
injeksi
c.
perakitan
d.
adsorpsi
e.
melebur
5.
Enzim yang dihasilkan
oleh virus yang dapat memecahkan dinding sel bakteri disebut....
a.
Neuraminidase
b.
litik
c.
lisogenik
d.
lisozim
e.
lismin
6.
Penyakit cacar air
disebabkan oleh virus....
a.
E. coli
b.
Herpes zoster
c.
variola
d.
mata belek
7.
(1) absorpsi (3) Sintesis
(2) injeksi (4) pembelahan
Berikut ini yang
bukan merupakan tahapan siklus lisogenik adalah....
a.
jika 1, 2 dan 3 benar
b.
jika 1 dan 3 benar
c.
jika 2 dan 4 benar
d.
jika 4 saja benar
e.
jika semuanya salah
8.
Sintesis DNA virus
terjadi di dalam....
a.
tubuh virus
b.
tubuh virus dan inang
c.
di alam bebas
d.
tubuh inang
e.
ekor virus
9.
Pada saat virus
berada dalam tahap lisogenik, mengapa tubuh tidak merasa sakit?
Hal ini disebabkan
karena virus....
a.
merusak sistem imun
b.
belum cukup matang
c.
dapat masuk ke fase
litik
d.
masih berada dalam
sel sehingga sistem imun tidak dapat mendeteksi benda asing
e.
tidak bersifat
parasit
10.
Virus tidak dianggap
sebagai sel karena....
a.
virus tidak dapat
melakukan pembelahan
b.
virus dapat melakukan
proliferasi
c.
virus tidak
bermembran inti
d.
virus tidak memiliki
sitoplasma dan membran sel berukuran sangat
kecil, serta dapat
dikristalkan
e.
virus hanya dapat
hidup sebagai parasit (parasit sejati)
|
Nilai=
|
Lampiran 3. Instrumen
Penilaian Keterampilan
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
|||||
Responsif dan Proaktif dalam diskusi di
dalam kelas
|
Mempersentasikan
hasil
|
||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment