Tuesday, February 2, 2016

Contoh Rencana pembelajaran Virus


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMAN X Kota Sukabumi
Kelas/ semester           : X/1
Mata Pelajaran            : Biologi
Pertemuan ke              : 2
Materi Pokok              : Virus
Alokasi Waktu            : 1x30 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.1  Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan  tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan  Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1  Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.3  Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi kehidupan.
4.4  Membuat usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus (HIV, SARS, Herpes , dll.) pada manusia dan menjelaskan peran virus dalam rekayasa genetika.
4.5  Merancang model dan menyajikan replikasi virus.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

KI/ KD
Indikator
1/ 1.1
·         Menunjukan rasa syukur dengan mengucapkan hamdalah terhadap adanya ayat Alquran dan nikmat yang telah diberikan Allah SWT
2/ 2.1


·         Menunjukan sikap menghargai pendapat teman antar kelompok dalam melaksanakan diskusi di kelas.
3/  3.3
·         Menjelaskan ciri, struktur dan reproduksi virus
·         Mengidentifikasi kasus-kasus penyakit yang disebabkan oleh virus
·         Menjelaskan peran virus dalam kehidupan
4/ 4.4

4.5
·          Menyebutkan dampak virus (HIV, SARS, Herpes , dll.)

D.    Tujuan Pembelajaran sesuaikan dg Indiktor
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam materi virus ini, siswa diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta:
1.      Siswa dapat menjelaskan ciri, struktur dan reproduksi virus melalui model sederhana dan gambar virus .
2.      Siswa dapat mengidentifikasi kasus-kasus penyakit yang disebabkan oleh virus melalui LKS
3.      Siswa dapat menjelaskan peranan virus dalam kehidupan melalui.....
E.     Materi Pembelajaran
1.      Materi Fakta
Gambar/foto berbagai contoh penyakit yang disebabkan oleh virus, struktur virus, dan lain-lain.
2.      Materi Konsep
Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginjeksi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.
3.      Materi Prinsip
Cara reproduksi virus dikenal sebagai proliferasi yang terdiri dari: Daur litik terdapat beberapa fase diantaranya Fase adsorbsi (fase penempelan), fase injeksi (memasukkan asam inti), fase sintesis (pembentukan), fase perakitan, fase litik. Dan daur lisogenik, yaitu: fase penggabungan, fase pembelahan, fase sintesis, fase perakitan, fase litik.

F.     Metode, Pendekatan dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan           : Scientific
2.      Model                    : Inkuiri terbimbing dan PBL (problem based learning)
3.      Metode                  : Eksplorasi, pemecahan masalah, diskusi, tanya jawab


G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Langkah-langkah Pendekatan Saintifik

Deskripsi Kegiatan

Alokasi
Waktu
Pendahuluan

Apersepsi:
·         Guru mengucapkan salam dan mengintruksikan salah satu siswa untuk berdoa terlebih dahulu kemudian memeriksa kehadiran siswa
·         manarik perhatian siswa dengan memperlihatkan model virus sederhana
·         Guru mengulas materi pertemuan sebelumnya yang sudah dipelajarinya
·         menyampaikan acuan pembelajaran
Motivasi:
·         Guru meminta siswa untuk membacakan ayat Al-Qur’an surat Yunus (10): ayat 61 yang Artinya:
“Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al-Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Luh mahfudz.
(QS. Yunus (10):61)
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa, sbb: “........................”
Penyampaian Tujuan dan Materi:
·         Guru menjelaskan indikator atau tujuan pembelajaran
·         Membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 orang (heterogen)

15 menit
Inti
Mengamati
·         Guru menanyakan masalah berupa:
Seorang anak yang terserang penyakit cacar air
1.      Apa yang menjadi penyebabnya?
2.      Apakah penyakit ini dapat menular?
3.      Adakah obat untuk menyembuhkannya?
4.      Upaya apa yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penyakit ini?
·         Guru memberikan berbagai kasus penyakit yang merebak saat ini yang disebabkan oleh virus seperti infuenza, aids, dan flu burung.
·         Siswa mengamati karakteristik virus dari charta
·         Siswa mengamati proses reproduksi virus
·         Siswa mendiskusikan dampak positif dan negatif dari virus
·         Siswa menjelaskan secara lisan ciri dan karakteristik virus serta perkembangbiakkannya.
·         Siswa mendiskusikan apa maksud Tuhan menciptakan makhluk yang menyebabkan penyakit dikaitkan dengan perilaku yang tidak terpuji pada seseorang.

Menanya
·         Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar yang berkaitan dengan struktur dan karakteristik virus
·         Guru meminta siswa mendiskusikan permasalahan tersebut.

Mencoba
·         Guru memberikan beberapa permasalahan tentang virus
·         Siswa melakukan pengamatan terhadap virus dari berbagai sumber dan membuat laporannya
·         Siswa mendiskusikan manfaat mempelajari virus


Menalar
·         Siswa secara berkelompok melakukan diskusi
·         Guru memantau dan memberikan penjelasan kepada siswa yang mengalami kesulitan
·         Guru membimbing siswa dalam mengamati virus dari berbagai sumber



Mengkomunikasikan
·         Guru meminta siswa untuk melakukan presentasi hasil pengamatan.
·         Guru memberikan penghargaan kepada siswa.
·         Guru membantu siswa melakukan refleksi terhadap investigasinya.

Penutup

·         Guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini
·         Guru menilai penguasaan konsep siswa dengan memberikan kuis tentang virus
·         Guru menyampaikan hasil penilaian sikap dan keterampilan siswa
·         Guru memberikan tugas (PR) mengenai penyakit yang disebabkan oleh virus
·         Guru menginformasikan materi pada pertemuan selanjutnya yaitu mengenai zat aditif dan zat adiktif sekaligus menginformasikan siswa untuk membaca terlebih dahulu materi tersebut.
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar, dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan hamdalah dan salam penutup.


H.    Alat, Media, dan Sumber Belajar
1.      Alat:
o   White Board
o   Spidol

2.      Media
o   Infokus

3.      Sumber Belajar
o   Budiati, H.(2009).BIOLOGI: Untuk SMA dan MA kelas X. CV.Gema Ilmu. Jakarta.
o   Yani, R. (2009). BIOLOGI 1: Kelas X SMA dan MA. Departemen Pendidikan  Nasional. Jakarta
I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Jenis Penilaian
a.       Penilaian sikap (terlampir)
b.      Penilaian pengetahuan (terlampir)
c.       Penilaian keterampilan (terlampir)
2.      Metode dan Bentuk Instrumen
No
Aspek Kompetensi
Metode
Bentuk Instrumen
1.
Sikap:
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Lembar pengamatan sikap
2.
Pengetahuan:
a.       Menjelaskan ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi.
b.      Mengidentifikasi kasus-kasus penyakit yang disebabkan oleh virus.
c.       Menjelaskan peran virus dalam kehidupan.
d.      Menjelaskan jenis-jenis partisipasi remaja dalam menanggulangi persebaran virus HIV dan lainnya.
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
3.
Keterampilan:
a.       Terampil menerapkan konsep/ prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan virus.
Pengamatan
Lembar pengamatan keterampilan

Lampiran 1. Instrumen Penilaian Sikap
No
Nama
Aspek yang dinilai
Disiplin
Kerjasama
Menghargai pendapat teman
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1










2










3










4










5










6










7










8










9










10











Rubrik penilaian sikap
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Disiplin
3: Menunjukan sikap disiplin dengan: datang tepat waktu, dan mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
2: Belum menunjukan sikap disiplin dalam pengumpulan tugas
1: Belum menunjukan sikap disiplin secara keseluruhan
2
Kerjasama
3: Menunjukan adanya kerjasama dan rasa tanggung jawab dalam melakukan kegiatan diskusi
2: Menunjukan sikap kerjasama namun tidak ada rasa tanggung jawab atau sebaliknya dalam kegiatan diskusi
1: Belum menunjukan kerjasama dan rasa tanggung jawab kegiatan diskusi
3
Menghargai Pendapat Teman
3: Menunjukan sikap menghargai pendapat teman selama  kegiatan diskusi
2: Sedikit menunjukan sikap menghargai pendapat teman selama  kegiatan diskusi
1: Belum menunjukan sikap  menghargai pendapat teman selama  kegiatan diskusi






Lampiran 2. Instrumen Penilaian Pengetahuan
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang benar!
1.      Virus tidak dapat masuk dalam kelompok makhluk hidup karena....
a.       virus dapat dikristalkan
b.      virus dapat melakukan pembuahan
c.       virus dapat menularkan penyakit
d.      virus dapat bergerak
e.       virus dapat berkembang biak

2.      Bagian yang tidak dimiliki oleh virus adalah....
a.       selubung protein
b.      membran sel
c.       sitoplasma
d.      organel sel
e.       inti sel

3.      Virus hanya dapat hidup secara parasit sehingga untuk memelihara virus harus digunakan medium....
a.       air kelapa
b.      agar
c.       agar campur kentang
d.      daging dan kaldu
e.       embrio ayam

4.      Ekor virus menempel pada dinding bakteri terjadi pada tahap....
a.       sintesis
b.      injeksi
c.       perakitan
d.      adsorpsi
e.       melebur

5.      Enzim yang dihasilkan oleh virus yang dapat memecahkan dinding sel bakteri disebut....
a.       Neuraminidase
b.      litik
c.       lisogenik
d.      lisozim
e.       lismin

6.      Penyakit cacar air disebabkan oleh virus....
a.       E. coli
b.      Herpes zoster
c.       variola
d.      mata belek

7.      (1) absorpsi            (3) Sintesis
(2) injeksi              (4) pembelahan
Berikut ini yang bukan merupakan tahapan siklus lisogenik adalah....
a.       jika 1, 2 dan 3 benar
b.      jika 1 dan 3 benar
c.       jika 2 dan 4 benar
d.      jika 4 saja benar
e.       jika semuanya salah

8.      Sintesis DNA virus terjadi di dalam....
a.       tubuh virus
b.      tubuh virus dan inang
c.       di alam bebas
d.      tubuh inang
e.       ekor virus
9.      Pada saat virus berada dalam tahap lisogenik, mengapa tubuh tidak merasa sakit?
Hal ini disebabkan karena virus....
a.       merusak sistem imun
b.      belum cukup matang
c.       dapat masuk ke fase litik
d.      masih berada dalam sel sehingga sistem imun tidak dapat mendeteksi benda asing
e.       tidak bersifat parasit

10.  Virus tidak dianggap sebagai sel karena....
a.       virus tidak dapat melakukan pembelahan
b.      virus dapat melakukan proliferasi
c.       virus tidak bermembran inti
d.      virus tidak memiliki sitoplasma dan membran sel berukuran sangat
kecil, serta dapat dikristalkan
e.       virus hanya dapat hidup sebagai parasit (parasit sejati)
Nilai=










Lampiran 3. Instrumen Penilaian Keterampilan
No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Responsif dan Proaktif dalam diskusi di dalam kelas
Mempersentasikan hasil
3
2
1
3
2
1
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10













Reactions:

0 comments:

Post a Comment