RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SMAN X Kota Sukabumi
Kelas/ semester           : X/1
Mata Pelajaran            : Biologi
Pertemuan ke              : 2
Materi Pokok              : Virus
Alokasi Waktu            : 1x30 menit
A.   
Kompetensi
Inti (KI)
KI
1     Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI
2     Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3     Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural
pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk
memecahkan
masalah.
KI
4     Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak 
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B.    
Kompetensi
Dasar (KD)
1.1 
Mengagumi,
menjaga, melestarikan
keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan  tentang ruang
lingkup,
objek dan permasalahan  Biologi
menurut agama yang dianutnya.
2.1 
Berperilaku ilmiah
(jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan
percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.3 
Mendeskripsikan
ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi kehidupan.
4.4  Membuat
usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus (HIV, SARS,
Herpes , dll.) pada manusia dan menjelaskan peran virus dalam rekayasa genetika.
4.5  Merancang
model dan menyajikan replikasi virus.
C.   
Indikator
Pencapaian Kompetensi
| 
   
KI/
  KD 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
1/ 1.1 
 | 
  
   
·        
  Menunjukan rasa syukur
  dengan mengucapkan hamdalah terhadap adanya ayat Alquran dan nikmat yang
  telah diberikan Allah SWT 
 | 
 
| 
   
2/ 2.1 
 | 
  
   
·        
  Menunjukan sikap
  menghargai pendapat teman antar kelompok dalam melaksanakan diskusi di kelas. 
 | 
 
| 
   
3/  3.3 
 | 
  
   
·        
  Menjelaskan ciri, struktur
  dan reproduksi virus 
·        
  Mengidentifikasi
  kasus-kasus penyakit yang disebabkan oleh virus 
·        
  Menjelaskan peran virus
  dalam kehidupan 
 | 
 
| 
   
4/ 4.4 
4.5 
 | 
  
   
·        
   Menyebutkan dampak virus
  (HIV, SARS, Herpes , dll.) 
 | 
 
D.   
Tujuan
Pembelajaran sesuaikan dg Indiktor
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran
kelompok dalam materi virus ini, siswa diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta:
1.     
Siswa dapat menjelaskan ciri, struktur dan reproduksi virus
melalui model sederhana dan gambar virus .
2.     
Siswa dapat mengidentifikasi kasus-kasus penyakit yang
disebabkan oleh virus melalui LKS 
3.      Siswa
dapat menjelaskan peranan virus dalam kehidupan melalui.....
E.    
Materi
Pembelajaran
1.      Materi
Fakta
Gambar/foto berbagai contoh penyakit yang disebabkan oleh virus,
struktur virus, dan lain-lain.
2.      Materi
Konsep
Virus adalah parasit berukuran
mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya dapat
bereproduksi di dalam material hidup dengan menginjeksi dan memanfaatkan sel
makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi
sendiri.
3.      Materi
Prinsip
Cara reproduksi virus dikenal sebagai
proliferasi yang terdiri dari: Daur litik terdapat beberapa fase diantaranya
Fase adsorbsi (fase penempelan), fase injeksi (memasukkan asam inti), fase
sintesis (pembentukan), fase perakitan, fase litik. Dan daur lisogenik, yaitu:
fase penggabungan, fase pembelahan, fase sintesis, fase perakitan, fase litik.
F.    
Metode,
Pendekatan dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan           : Scientific
2.      Model                    : Inkuiri terbimbing dan PBL
(problem based learning)
3.      Metode                  :
Eksplorasi, pemecahan masalah, diskusi, tanya jawab
G.   
Kegiatan
Pembelajaran
| 
   
Kegiatan 
 | 
  
   
Langkah-langkah
  Pendekatan Saintifik 
 | 
  
   
Deskripsi
  Kegiatan 
 | 
  
   
Alokasi 
Waktu 
 | 
 
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   | 
  
   
Apersepsi: 
·        
  Guru mengucapkan salam
  dan mengintruksikan salah satu siswa untuk berdoa terlebih dahulu kemudian
  memeriksa kehadiran siswa 
·        
  manarik perhatian siswa
  dengan memperlihatkan model virus sederhana 
·        
  Guru mengulas materi
  pertemuan sebelumnya yang sudah dipelajarinya 
·        
  menyampaikan acuan
  pembelajaran 
Motivasi: 
·        
  Guru meminta siswa untuk
  membacakan ayat Al-Qur’an surat Yunus (10): ayat 61 yang Artinya: 
“Kamu
  tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al-Quran
  dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan kami menjadi saksi
  atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu
  biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih
  kecil dan tidak (pula) yang lebih besar itu, melainkan (semua tercatat) dalam
  kitab yang nyata (Luh mahfudz. 
(QS.
  Yunus (10):61) 
·        
  Guru memberikan
  pertanyaan kepada siswa, sbb: “........................” 
Penyampaian
  Tujuan dan Materi: 
·        
  Guru menjelaskan
  indikator atau tujuan pembelajaran 
·        
  Membagi siswa dalam
  beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 orang (heterogen) 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Mengamati 
 | 
  
   
·        
  Guru menanyakan
  masalah berupa: 
Seorang anak yang
  terserang penyakit cacar air 
1.      Apa yang menjadi
  penyebabnya? 
2.      Apakah penyakit ini
  dapat menular? 
3.      Adakah obat untuk
  menyembuhkannya? 
4.      Upaya apa yang dapat
  kita lakukan agar terhindar dari penyakit ini? 
·        
  Guru memberikan
  berbagai kasus penyakit yang merebak saat ini yang disebabkan oleh virus
  seperti infuenza, aids, dan flu burung. 
·        
  Siswa mengamati
  karakteristik virus dari charta 
·        
  Siswa mengamati
  proses reproduksi virus 
·        
  Siswa mendiskusikan
  dampak positif dan negatif dari virus 
·        
  Siswa menjelaskan
  secara lisan ciri dan karakteristik virus serta perkembangbiakkannya. 
·        
  Siswa mendiskusikan
  apa maksud Tuhan menciptakan makhluk yang menyebabkan penyakit dikaitkan
  dengan perilaku yang tidak terpuji pada seseorang. 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Menanya 
 | 
  
   
·        
  Siswa mendiskusikan
  hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar yang
  berkaitan dengan struktur dan karakteristik virus 
·        
  Guru meminta siswa
  mendiskusikan permasalahan tersebut. 
 | 
  
   | 
 |
| 
   
Mencoba 
 | 
  
   
·        
  Guru memberikan
  beberapa permasalahan tentang virus  
·        
  Siswa melakukan
  pengamatan terhadap virus dari berbagai sumber dan membuat laporannya 
·        
  Siswa mendiskusikan
  manfaat mempelajari virus 
 | 
  
   | 
 |
| 
   | 
  
   
Menalar 
 | 
  
   
·        
  Siswa secara
  berkelompok melakukan diskusi 
·        
  Guru memantau dan
  memberikan penjelasan kepada siswa yang mengalami kesulitan 
·        
  Guru membimbing siswa
  dalam mengamati virus dari berbagai sumber 
 | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   
Mengkomunikasikan 
 | 
  
   
·        
  Guru meminta siswa
  untuk melakukan presentasi hasil pengamatan. 
·        
  Guru memberikan
  penghargaan kepada siswa. 
·        
  Guru membantu siswa
  melakukan refleksi terhadap investigasinya. 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   | 
  
   
·        
  Guru bersama siswa
  menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini 
·        
  Guru menilai penguasaan
  konsep siswa dengan memberikan kuis tentang virus 
·        
  Guru menyampaikan hasil
  penilaian sikap dan keterampilan siswa 
·        
  Guru memberikan tugas
  (PR) mengenai penyakit yang disebabkan oleh virus 
·        
  Guru menginformasikan
  materi pada pertemuan selanjutnya yaitu mengenai zat aditif dan zat adiktif
  sekaligus menginformasikan siswa untuk membaca terlebih dahulu materi
  tersebut. 
·        
  Guru mengakhiri
  kegiatan belajar, dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengucapkan
  hamdalah dan salam penutup. 
 | 
  
   | 
 
H.   
Alat,
Media, dan Sumber Belajar
1.      Alat:
o   White
Board
o   Spidol
2.      Media
o   Infokus
3.      Sumber
Belajar
o   Budiati,
H.(2009).BIOLOGI: Untuk SMA dan MA kelas
X. CV.Gema Ilmu. Jakarta.
o   Yani,
R. (2009). BIOLOGI 1: Kelas X SMA dan MA. Departemen Pendidikan  Nasional. Jakarta
I.      
Penilaian
Hasil Belajar
1.      Jenis
Penilaian
a.       Penilaian
sikap (terlampir)
b.      Penilaian
pengetahuan (terlampir)
c.       Penilaian
keterampilan (terlampir)
2.      Metode
dan Bentuk Instrumen
| 
   
No 
 | 
  
   
Aspek
  Kompetensi 
 | 
  
   
Metode 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Sikap: 
a.       Terlibat
  aktif dalam pembelajaran. 
b.      Bekerjasama
  dalam kegiatan kelompok. 
c.       Toleran
  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 
 | 
  
   
Pengamatan
   
 | 
  
   
Lembar
  pengamatan sikap 
 | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Pengetahuan: 
a.      
  Menjelaskan ciri-ciri
  virus: struktur dan reproduksi. 
b.     
  Mengidentifikasi
  kasus-kasus penyakit yang disebabkan oleh virus. 
c.      
  Menjelaskan peran
  virus dalam kehidupan. 
d.     
  Menjelaskan
  jenis-jenis partisipasi remaja dalam menanggulangi persebaran virus HIV dan
  lainnya. 
 | 
  
   
Tes
  tertulis 
 | 
  
   
Soal
  pilihan ganda 
 | 
 
| 
   
3.  
 | 
  
   
Keterampilan: 
a.      
  Terampil menerapkan
  konsep/ prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
  dengan virus. 
 | 
  
   
Pengamatan 
 | 
  
   
Lembar
  pengamatan keterampilan 
 | 
 
Lampiran 1. Instrumen
Penilaian Sikap
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama 
 | 
  
   
Aspek yang dinilai 
 | 
 ||||||||
| 
   
Disiplin 
 | 
  
   
Kerjasama 
 | 
  
   
Menghargai pendapat
  teman 
 | 
 ||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
8 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
9 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
10 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Rubrik
penilaian sikap
| 
   
No 
 | 
  
   
Aspek yang dinilai 
 | 
  
   
Rubrik 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Disiplin 
 | 
  
   
3:
  Menunjukan sikap disiplin dengan: datang tepat waktu, dan mengumpulkan tugas
  sesuai dengan waktu yang ditentukan 
2:
  Belum menunjukan sikap disiplin dalam pengumpulan tugas 
1:
  Belum menunjukan sikap disiplin secara keseluruhan 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Kerjasama 
 | 
  
   
3:
  Menunjukan adanya kerjasama dan rasa tanggung jawab dalam melakukan kegiatan
  diskusi 
2:
  Menunjukan sikap kerjasama namun tidak ada rasa tanggung jawab atau
  sebaliknya dalam kegiatan diskusi 
1:
  Belum menunjukan kerjasama dan rasa tanggung jawab kegiatan diskusi 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Menghargai
  Pendapat Teman  
 | 
  
   
3:
  Menunjukan sikap menghargai pendapat teman selama  kegiatan diskusi 
2:
  Sedikit menunjukan sikap menghargai pendapat teman selama  kegiatan diskusi 
1:
  Belum menunjukan sikap  menghargai
  pendapat teman selama  kegiatan diskusi 
 | 
 
Lampiran 2. Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Soal
Pilihan Ganda
| 
   
Pilihlah
  salah satu jawaban yang benar! 
 | 
 
| 
   
1.     
  Virus tidak dapat
  masuk dalam kelompok makhluk hidup karena.... 
a.      
  virus dapat
  dikristalkan 
b.     
  virus dapat melakukan
  pembuahan 
c.      
  virus dapat
  menularkan penyakit 
d.     
  virus dapat bergerak 
e.      
  virus dapat
  berkembang biak 
2.     
  Bagian yang tidak
  dimiliki oleh virus adalah.... 
a.       selubung
  protein 
b.      membran
  sel 
c.       sitoplasma 
d.      organel
  sel 
e.       inti
  sel 
3.     
  Virus hanya dapat
  hidup secara parasit sehingga untuk memelihara virus harus digunakan
  medium.... 
a.       air
  kelapa 
b.      agar 
c.       agar
  campur kentang 
d.      daging
  dan kaldu 
e.       embrio
  ayam 
4.     
  Ekor virus menempel
  pada dinding bakteri terjadi pada tahap.... 
a.      
  sintesis 
b.     
  injeksi 
c.      
  perakitan 
d.     
  adsorpsi 
e.      
  melebur 
5.     
  Enzim yang dihasilkan
  oleh virus yang dapat memecahkan dinding sel bakteri disebut.... 
a.      
  Neuraminidase 
b.     
  litik 
c.      
  lisogenik 
d.     
  lisozim 
e.      
  lismin 
6.     
  Penyakit cacar air
  disebabkan oleh virus.... 
a.      
  E. coli 
b.     
  Herpes zoster 
c.      
  variola 
d.     
  mata belek 
7.     
  (1) absorpsi            (3) Sintesis  
(2) injeksi              (4) pembelahan 
Berikut ini yang
  bukan merupakan tahapan siklus lisogenik adalah.... 
a.      
  jika 1, 2 dan 3 benar 
b.     
  jika 1 dan 3 benar 
c.      
  jika 2 dan 4 benar 
d.     
  jika 4 saja benar 
e.      
  jika semuanya salah 
8.     
  Sintesis DNA virus
  terjadi di dalam.... 
a.      
  tubuh virus 
b.     
  tubuh virus dan inang 
c.      
  di alam bebas 
d.     
  tubuh inang 
e.      
  ekor virus 
9.     
  Pada saat virus
  berada dalam tahap lisogenik, mengapa tubuh tidak merasa sakit? 
Hal ini disebabkan
  karena virus.... 
a.      
  merusak sistem imun 
b.     
  belum cukup matang 
c.      
  dapat masuk ke fase
  litik 
d.     
  masih berada dalam
  sel sehingga sistem imun tidak dapat mendeteksi benda asing 
e.      
  tidak bersifat
  parasit 
10. 
  Virus tidak dianggap
  sebagai sel karena.... 
a.      
  virus tidak dapat
  melakukan pembelahan 
b.     
  virus dapat melakukan
  proliferasi 
c.      
  virus tidak
  bermembran inti 
d.     
  virus tidak memiliki
  sitoplasma dan membran sel berukuran sangat 
kecil, serta dapat
  dikristalkan 
e.      
  virus hanya dapat
  hidup sebagai parasit (parasit sejati) 
 | 
 
| 
   
Nilai=  
 | 
 
Lampiran 3. Instrumen
Penilaian Keterampilan
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama siswa 
 | 
  
   
Aspek yang
  dinilai 
 | 
 |||||
| 
   
Responsif dan Proaktif dalam diskusi di
  dalam kelas 
 | 
  
   
Mempersentasikan
  hasil 
 | 
 ||||||
| 
   
3 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
1 
 | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
8 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
9 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
10 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
No comments:
Post a Comment