makalah biologi tentang pisang

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dewasa ini banyak orang masih belum mengetahui manfaat dari buah pisang. Manfaat yang terkandung di dalamnya sangat banyak. Buah kaya serat ini ternyata memiliki manfaat yang sangat berguna bagi tubuh kita, untuk itu kita perlu mngetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam buah pisang dan manfaat apa saja yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Buah pisang juga yang lebih dikenal banyak orang sebagai salah satu makanan super bagi para atlit dan para pakar kesehatan. Kandungan tiga gula alami yang terkandung di dalamnya yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa serta serat dapat memberi energi untuk pembakaran energi selama 90 menit.

Buah pisang memiliki khasiat untuk perawatan kecantikan dan tanamannya pun dapat dijadikan untuk memperindah taman, halaman, atau perkarangan rumah. Buah pisang sering banyak digunakan oleh orang sebagai buah penutup setelah makan dalam setiap acara maupun saat makan di rumah. Sehingga dapat dikatakan buah pisang itu adalah termasuk buah favorit.

Selain itu banyak manfaat yang terkandung dalam pisang yang mana nanti akan diuraikan oleh penulis secara lebih jelas. Dan berdasarkan latar belakang di atas, penulis ingin membahas lebih jauh lagi tentang manfaat buah pisang bagi tubuh manusia. Dengan mengangkat tema kesehatan dan judul manfaat buah pisang bagi tubuh manusia.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah tersebut adalah
1. Bagaimana manfaat buah pisang bagi kesehatan?
2. Bagaimana manfaat buah pisang bagi kecantikan?

C. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penulisan makalah ini adalah
1. Menjelaskan manfaat yang terdapat pada buah pisang bagi kesehatan.
2. Menjelaskan manfaat yang terdapat pada buah pisang bagi kecantikan.

D. Kegunaan
1. Kegunaan Teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori di bidang kesehatan, khususnya pada manfaat dari buah pisang bagi tubuh manusia.
2. Kegunaan Praktis
Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kita terhadap manfaat dari buah pisang itu sendiri. Sehingga kita dapat memanfaatkannya sesuai kebutuhan kita.


BAB II
ISI

A. Kandungan Buah Pisang
Buah pisang yang lezat rasanya itu ternyata menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram. Jadi bisa Anda bayangkan betapa besar manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi pisang setiap harinya.

Kandungan buah pisang sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya.

Pilihlah pisang yang sudah matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, pisang yang mentah akan sulit dicerna.

Lebih rincinya pisang merupakan buah yang sarat gizi, hampir tidak mengandung lemak dan mudah dicerna. Karbohidrat didalam pisang sekitar 23-35%, lemak 0.2% dan seperti bahan nabati lainnya, pisang bebas kolesterol. Sebanyak 100 gram pisang akan memberikan kalori sebesar 120 kalori. Buah ini juga kaya kalium dan mengandung magnesium, selenium, besi dan vitamin-vitamin serta bebas natrium. Pisang kaya dengan vitamin B-6 yang dibutuhkan untuk kesehatan mental seseorang. Kekurangan vitamin B-6 ini dapat menyebabkan seseorang mudah lelah dan marah serta susah tidur. Mengonsumsi satu setengah buah pisang setiap hari akan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin B-6 ini. Menyantap makanan kaya kalium dan vitamin B-6, khususnya pisang segar (bukan pisang rebus atau pisang goreng) juga dapat mengurangi rasa nyeri, ngilu dan sakit pada persendian. Mengonsumsi pisang 3 sampai 4 kali sehari bahkan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala radang sendi (arthritis). Pisang merupakan makanan kaya kalium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 467 mg kalium, yang memberikan 13% kebutuhan kalium harian. Data penelitian menunjukkan bahwa pengambilan kalium oleh tubuh berhubungan dengan efek penurunan tekanan darah. Pada tahun 2001, FDA (Food and Drug Administration; semacam Badan POM di USA), menyetujui bahwa makanan yang merupakan sumber kalium dan rendah natrium barangkali dapat mengurangi resiko terjadinya peningkatan tekanan darah dan stroke. Didalam New England Journal of Medicine bahkan disebutkan, bahwa mengkonsumsi satu buah pisang sehari dapat menurunkan resiko stroke sampai 40%.

Jika Anda merasa lesu di antara waktu makan, ambil saja pisang. Gula buah yang terkandung didalamnya (yang tergolong karbohidrat sederhana), akan mudah dicerna dan masuk ke aliran darah sehingga menghasilkan energi instan.

Selain itu, dengan pasokan kalium dari pisang, jaringan otot akan bertenaga kembali selama beberapa saat sebelum tubuh mendapatkan pasokan energi darurat dari makanan utama. Karena hal ini pula, tidak heran jika para atlit terutama atlit tennis seringkali mengonsumsi pisang sebelum dan pada saat bertanding untuk pengusir lelah dan pemberi tenaga.

Didalam The Food Pharmacy oleh Jean Carper, pisang bahkan disebut sebagai makanan mujarab bagi penderita penyakit magg. Barangkali sifat spasmolitik pisang, yang menurunkan kerja lambung dan mengurangi sekresi enzim serta asam lambung, turut berperan dalam menghasilkan khasiat ini. Kandungan pektin yang tinggi didalam pisang juga dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung dan enzim (pepsin).

Pisang juga kaya serat makanan atau karbohidrat kompleks. Konsumsi serat makanan akan membantu memperlancar buang air besar dan sangat baik untuk mencegah kanker usus besar.
B. Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

1. Sumber Kekuatan Tenaga
Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

2. Manfaat bagi Ibu Hamil
Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Tetapi atur konsumsi Anda karena dalam satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori yang terlalu besar untuk calon buah hati Anda.

3. Manfaat bagi Penyakit Usus dan Perut
a. Diverticulitis, penyakit ini terjadi karena adanya radang pada kantong kecil dalam dinding usus. Kantong-kantong tersebut berisi material fecal yang menyebabkan rasa sakit pada dinding usus. Pisang yang dicampur dengan susu cair atau dimasukkan dalam segelas susu cair, dapat dihidangkan sebagai obat untuk penyakit usus. Karena pisang mengandung serat, lemak,dan minyak sehingga pisang dapat melindungi dinding usus.
Selain itu, cara seperti ini juga direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik guna menetralkan keasaman lambung.
b. Radang lambung, penyakit ini terjadi ketika jaringan mucosal pada perut terasa perih dan sakit, kita akan mengalami kesulitan pada waktu mencerna makanan, bahkan merasakan sakit yang luar biasa. Juice pisang akan melapisi, menyejukkan, dan menyembuhkan peradangan serius seperti halnya bahan-bahan antacid.

4. Manfaat bagi Luka Bakar
Tidak hanya buahnya saja yanag bermanfaat, tetapi daun pisang pun dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles karena campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh yang dapat mendinginkan kulit dan menyembuhkan luka bakar.

5. Manfaat bagi Diabetes
Masyarakat Gorontalo di Sulawesi Utara menganggap jenis pisang goroho atau pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan atau pokok bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus. Caranya, buah pisang goroho yang belum matang dikukus kemudian dicampur dengan kelapa parut muda.

6. Manfaat bagi Penderita Anemia
Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

7. Manfaat bagi Penderita Lever
Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

8. Manfaat pisang untuk Mengatur Bobot Badan
Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan. Menu ini menyehatkan bagi tubuh Anda.

Bila ingin menambah bobot tubuh, membuat gemuk, minumlah satu gelas banana shake yang dicampur madu, kacang dan mangga, sesudah makan. Menu ini bila dikonsumsi setiap hari, akan membantu menaikkan berat badan.

Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Pada sisi yang lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan.

Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong.

Pure pisang ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.

C. Manfaat Buah Pisang Bagi Kecantikan

Jika Anda mulai merasa putus asa karena jerawat yang terus bermunculan dan sepertinya cara apapun tidak lagi bisa menolong, cobalah pengobatan alami dengan buah pisang. Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu kemudian dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit dan basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 2 minggu dapat membuat kulit Anda tampak bersih bersinar dan jauh dari jerawat.

1. Melembabkan Kulit kering
Ambil buah pisang ambon secukupnya, giling sampai halus. Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun, oleskan secara merata pada muka yang sebelumnya sudah dibersihkan. Biarkan mengering kira2 20 menitan. Cuci dengan air bersih. Lakukan setiap hari.

 2. Menghilangkan bekas jerawat ataupun bekas cacar air
Ambil bagian dalam kulit pisang emas, gosokan pada muka, biarkan sesaat sampai kering kemudian cuci dengan air. Lakukan sampai bekas jerawat menghilang. Kulit wajah akan menjadi halus dan kencang.

3. Menghaluskan kulit tangan dan kaki
Gosok kulit pisang mas bagian dalam pada tangan dan kaki yang kasar/pecah-pecah. Lakukan setiap hari.

4. Penyubur rambut
Jemur kulit pisang mas lima buah sampai kering lalu tumbuk hingga menjadi serbuk. Tambahkan satu butir telur ayam yang diambil kuningnya dan satu cangkir air bersih, aduk merata. Oleskan pada rambut.

5. Penghitam dan pencegah rambut rontok
Ambil bonggol pisang yang baru ditebang secukupnya, cincang dan parut. Peras lalu ambil airnya. Bubuhkan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Lakukan setiap pagi.



BAB III
PENUTUP

A. Simpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat simpulkan bahwa pisang mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Diantaranya manfaat dalam penyembuhan anemia, menurunkan tekanan darah, tenaga untuk berpikir, kaya serat untuk membantu diet, kulit pisang dapat digunakan sebagai cream anti nyamuk, membantu sistem syaraf, dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil, menetralkan keasaman lambung, dan sebagainya.

Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba dari pisang untuk memproduksi antigen untuk coating Virus Hepatitis B. Apabila vaksin Hepatitis B tersebut berhasil akan menjadi sangat murah.

Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning, polio, dan dipteri. Saat ini, peneliti telah mencoba pada relawan, di mana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari.

Selain itu ada beberapa diantara manfaat pisang itu sebagai berikut :
- Dapat mengurangi rasa nyeri, ngilu, dan sakit pada persendian.
- Dapat membantu mengurangi gejala radang sendi (arthritis).
- Kalium yang tekandung dalam pisang dapat mengurangi risiko terjadinya peningkatan tekanan darah.
- Menurunkan kerja lambung dan mengurangi sekresi enzim serta asam lambung.
- Vitamin B-6 yang terkandung dalam pisang dibutuhkan kesehatan mental seseorang.
- Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar.
- Dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh bagi penderita diabetes mellitus.
- Dapat mengatur bobot badan, baik menurunkan maupun meningkatkan bobot badan.
- Dapat menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit, membuat wajah tak berminyak dan tampak bersih.

Dapat disimpulkan bahwa banyak sekali kandungan yang berada dalam buah pisang dan manfaatnya dapat kita rasakan secara langsung, baik kesehatan maupun kecantikan.

B. Saran
Berdasarkan isi dan simpulan yang telah dibahas secara singkat, dari kandungan yang terdapat dalam buah pisang yang memiliki banyak manfaat. Sehingga penulis memiliki beberapa saran-saran seperti berikut :
- Pada ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang. Karena mengandung asam folat yang mudah diserap oleh janin melalui rahim.
- Pada penderita magg dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang setiap hari, guna untuk mengurangi kinerja lambung dan menetralkan asam lambung.
- Pada perokok dianjurkan untuk mngonsumsi buah pisang karena dapat menghilangkan pengaruh nikotin dalam tubuh.
- Pada penderita diabetes mellitus dapat mengonsumsi buah pisang yang dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh.
- Pada para atlit sangat dianjurkan juga mengonsumsi buah pisang yang dapat bermanfaat menambah kekuatan energi.
- Pada orang yang ingin menurunkan maupun meningkatkan berat badan dapat mengonsumsi buah pisang.
- Pada orang yang bermasalah dengan kulit berjerawat dan berminyak.

DAFTAR PUSTAKA
http://ad71ck_staff.uns.ac.id/archives/370
http://organisasi.org/khasiat-dan-manfaat-buah-buahan-alami-bagi-tubuh-manusia-ilmu-kesehatan-masyarakat
http://o-onews.blogspot.com/2010/07/15-manfaat-pisang-bagi-tubuh.html
http://virasiswanto.multiply.com/journal/item/3/Pisang_Kaya_Manfaat
http://hanyawanita.com
http://KabariNews.com
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "makalah biologi tentang pisang"

  1. januar surya says:
    4 Februari 2014 08.12

    mantap gan, thank's..

    www.kiostiket.com

Poskan Komentar

Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design